Garistepi's Blog-Let's STUdy BIOLOGY



Contoh RPP KD 1.1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran    : Biologi

Kelas / Semester    : X / 1

Alokasi waktu        : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi    : Memahami hakikat biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar     : Mengidentifikasi ruang lingkup biologi

Indikator Kompetensi :

  • Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
  • Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup

 

I. Tujuan Pembelajaran    

Setelah mempelajari materi tentang hakikat biologi sebagai ilmu siswa dapat dengan tepat:

  1. Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
  2. Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup

     

     

II. Metode Pembelajaran

  • Diskusi
  • Direct instruction

 

III. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)

  • Kegiatan awal (5 menit)
    • Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
    • Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
  • Kegiatan inti (30 menit)
    • Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
    • Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.
    • Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
    • Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi

Karakteritik Biologi

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, hubungan antar makhluk hidup, dan bagaimana makhluk hidup berhubungan dengan lingkunganya. Sasaran yang dipelajari adalah makhluk hidup yang mempunyai banyak karakter (sifat). Karakter dari makhluk hidup adalah sebagai berikut

  1. Makhluk hidup disusun oleh sel, baik multiseluler (banyak sel) atau monoseluler (satu sel)
  2. makhluk hidup mengalami perkembangbiakan untuk menghasilkan keturunan
  3. melakukan proses metabolisme dalam tubuhnya
  4. mampu menanggapi rangsangan dari luar maupun dari dalam tubuhnya. Dalam rangka menanggapi rangsang dari luar, makhluk hidup akan melakukan penyesuaian diri
  5. mengalami pertumbuhan dan perkembangan

Ciri-ciri Makhluk hidup : Objek kajian biologi yang memiliki ciri-ciri Melaksanakan pertumbuhan, perkembangbiakan, metabolime, dan merespon terhadap lingkungan

 

  • Kegiatan akhir (10 menit)

    Guru menugaskan kepada siswa untuk mencari artikel tentang permasalahan dalam biologi.

IV. Alat/Bahan/Sumber

  • Buku Kerja Biologi IA, Esis
  • Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
  • Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah

V. Penilaian

  • Uji kompetensi tertulis

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: