Garistepi's Blog-Let's STUdy BIOLOGY



Karakteristik hewan Coelentrata

Dunia hewan dibagi menjadi 2 macam, yaitu hewan vertebrata (hewan bertulang belakang) dan hewan invertebrata (hewan tak bertulang belakang). Hewan invertebrata dibagi menjadi 8 filum yaitu filum Protozoa, Porifera, Coelenterata, Echinodermata, Mollusca, Platyhelminthes, Annelida, dan Arthopoda. Filum Coelenterata masih dibagi lagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas  Hydrozoa, Schypozoa dan Anthozoa.

Filum Coelenterata disebut juga Cnidaria, berasal dari kata cnide yang berarti sengat. Istilah Coelenterata berasal dari kata coilos yang artinya rongga, dan enteron yang artinya usus. Dalam hal ini Coelenterata bukan berarti hewan yang ususnya berongga, tapi cukup disebut dengan hewan berongga. Berbeda dengan Protozoa dan Porifera, Coelenterata memiliki rongga pencernaan (gastrovascular cavity) dan mulut, tetapi anusnya tidak ada.

Habitatnya di perairan dangkal, contoh : Hydra. Sedangkan di air laut contohnya : Obelia dan ada yang melekat pada substrat dan terumbu karang (sesil) contohnya : karang merjan, karang otak (meandrina). Dan ada yang motil (berpindah-pindah), contohnya : anemon laut.

Ciri-ciri umum Coelenterata

  1. Ciri Morfologi
    • Tubuh simetri radial
    • Struktur tubuhnya dibedakan menjadi 2 macam, yaitu polip yang hidup menetap dan medusa yang berenang bebas.
    • Bentuk polip lebih kurang silindris, dengan satu ujung yang disebut oral (yang mengandung mulut dikelilingi tentakel) dan ujung yang lain disebut aboral (menempel pada substrat)
    • Bentuk medusa seperti lonceng atau mangkuk terbalik dengan bagian cembung mengarah ke atas dan bagian cekung dilengkapi mulut dan tentakel yang mengarah ke bawah.
  1. Ciri Anatomi
    • Dinding tubuh terdiri dari 3 lapisan. Lapisan yang paling luar adalah epidermis, lapisan yang paling dalam merupakan gastrodermis yang membatasi rongga pencernaan, serta mesoglea yang terletak di antara epidermis dan gastrodermis.
  2. Ciri Fisiologi
  1. Pergerakan

Gerakan pada polip biasanya terbatas, merayap atau meliuk-liuk, sedang pada medusa dapat berenang bebas. Medusa berenang dengan jalan berdenyut, yang dihasilhan oleh otot melingkar pada tepi lonceng, dan menghasilkan gerakan ventrikal. Sedangkan gerakan horizontal tergantung pada arus laut.

  1. Makan dan cara makan

Coelenterata bersifat karnivor, makanan utamanya adalah crustacean dan ikan kecil. Makan masuk ke mulut dengan bantuan tentakel. Kemudian makanan masuk ke rongga gastrovaskular. Hasil pencernaan didistribusikan ke seluruh tubuh secara difusi. Cadangan makanan utama berupa lemak dan glikogen. Sisa makanan yang tidak dapat dicerna dapat dibuang melalui mulut.

  1. Pernapasan dan ekskresi

Alat pernapasan dan alat ekskresi tidak ada. Pertukaran gas terjadi secara difusi melalui seluruh permukaan tubuh.

  1. Reproduksi

Coelenterata berkembang biak secara seksual dan aseksual. Reproduksi aseksual terjadi pada stadium polip dengan jalan pertunasan (budding), pembelahan atau pencabikan telapak. Suatu tunas terjadi dari dinding tugu yang menonjol keluar diikuti perluasan rongga gastrovaskular, kemudian pada ujungnya terbentuk mulut dan tentakel.

Reproduksi aseksual ini terjadi karena kebanyakan Coelenterata mempunyai daya regenerasi yang besar. Tentakel yang putus akan segera di ganti tentakel yang baru. Misalnya Hydra dipotong menjadi dua bagian maka masing-masing bagian akan melengkapi bagian yang tidak ada hingga didapat dua individu yang baru.

Reproduksi seksual umumnya terjadi pada stadium medusa. Sel telur atau sperma, sebagian besar berasal dari sel interstisial yang mengelompok sehingga membentuk ovari atau testis.

Ciri-ciri khusus dari Coelenterata adalah sbb:

  1. Tubuh radial simetris.
  2. Dinding tubuh diploblastik(dua lapis jaringan) yang memiliki penyengat.
  3. Tubuhnya tidak beranus.
  4. Sistem pencernaan makanan tidak komplit, hanya berupa rongga gastrovaskular.
  5. Belum memiliki alat pernafasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: