Garistepi's Blog-Let's STUdy BIOLOGY



RPP-COntoh!!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : MAN I Malang
Mata pelajaran : Biologi
Satuan pendidikan : SMA
Kelas/semester : X/II
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati.
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendiskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan.

I. Indikator Kompetensi:
 Merumuskan pengertian keanekaragaman hayati melalui kegiatan pengamatan di lingkungan sekitar.
 Mendeskripsikan ciri keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

II. Materi Pembelajaran : Keanekaragaman Hayati
Sub materi :
1. Pengertian keanekaragaman hayati
2. Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

III. Alokasi waktu : 2 x 45 menit (2 JP)

IV. Metode Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif
Model Pembelajaran : Praktikum, diskusi, dan presentasi kelas.

V. Langkah-Langkah Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa mampu:
1. Merumuskan pengertian keanekaragaman hayati
melalui kegiatan pengamatan di lingkungan sekitar.
2. Mendeskripsikan ciri keanekaragaman hayati pada
tingkat gen, jenis, dan ekosistem

A. Kegiatan awal (5 menit)
 Guru memotivasi siswa dengan menyuruh dua siswa
untuk maju ke depan kelas. Guru memberikan
instruksi pada siswa yang lain untuk membandingkan
morfologi ke dua siswa tersebut. Harapan guru
siswa membandingkan antara tinggi badan, berat badan, bentuk rambut, bentuk wajah, dan lain-lain.
 Guru mengajukan pertanyaan pada siswa, “Dari hasil perbandingan tersebut, apakah ada ciri yang sama ataukah berbeda?. Harapan guru siswa mampu menjawab ciri morfologi yang sama dan yang berbeda dari ke dua siswa tersebut.
 Guru membimbing siswa dalam merumuskan pengertian keanekaragaman hayati.
 Guru menuliskan topik yang akan dipelajari hari ini, yaitu “Keanekaragaman Hayati”
 Guru mengajukan pertanyaan pada siswa, “Menurut kalian, apa yang menyebabkan morfologi ke dua teman kalian berbeda?”. Harapan guru siswa menjawab, “Karena dipengaruhi oleh gen dan lingkungan.
 Guru menjelaskan tentang tingkatan keanekaragaman hayati yaitu keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem.

B. Kegiatan inti (70 menit)
 Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan membagikan LKS untuk tiap kelompok. LKS berisi petunjuk kerja siswa dalam melakukan pengamatan terhadap keanekaragaman hayati tingkat gen dan jenis.
 Guru membimbing kerja siswa dalam kelompok.
 Guru memberi kesempatan pada beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil pengamatannya.
 Guru membimbing siswa menyusun kesimpulan dari pembelajaran sebagai berikut

C. Kegiatan Penutup (15 menit)
• Guru meminta siswa untuk memberi contoh keanekaragaman hayati tingkat ekosistem yang ada di wilayah Malang.
• Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang belum dipahami.
• Guru meminta salah satu siswa untuk menyusun kesimpulan dari hasil pembelajara

VI. Deskripsi
KEANEKARAGAMAN HAYATI:
• Keanekaraman Hayati adalah kekayaan hidup di bumi, mencakup jutaan hewan, tumbuhan, mikroorganisme, materi genetik yang dikandungnya, dan ekosistem yang dibangunnya menjadi suatu lingkungan hidup.
• Keanekaragaman disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor genetik (keturunan) dan faktor lingkungan.
• Keanekaragaman hayati di tunjukkan oleh adanya berbagai variasi bentuk, ukuran, jumlah, warna, dan sifat dari makhluk hidup.
• Tingkat keanekaragaman hayati dibedakan menjadi tiga, yaitu : keanekaragaman hayati tingkat gen, keanekaragaman hayati tingkat jenis, dan keanekaragaman hayati tingkat ekosistem.

1. Keanekaragaman hayati tingkat gen.
Gen adalah pembawa sifat makhluk hidup. Variasi genetic merupakan komposisi genetik antara individu dalam jenis yang sama.
Keanekaragaman gen dalam satu jenis dapat memunculkan varietas.
Keanekaragaman genetik memungkinkan individu atau jenis makhluk hidup yang beranekaragam tersebut dapat beradaptasi terhadap kondisi yang berbeda dan terhadap perubahan lingkungan. Contoh : anjing.

2. Keanekaragaman hayati tingkat jenis
– Keanekaragaman jenis (spesies) adalah berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang ada dan mudah dikenali karena perbedaan penampakkannya. Keanekaragaman jenis menunjukkan adanya jumlah dan variasi jenis organisme yang ada.
– Keanekaragaman spesies mencakup jenis-jenis tumbuhan, hewan, serta mikroorganisme yang ada di suatu wilayah. Contoh:anjing, kucing, panda,dll

Contoh gambar keanekaragaman spesies(kucing, anjing, dan panda)

3. Keanekaragaman hayati tingkat ekosistem
– Keanekaragaman ekosistem menggambarkan jenis-jenis populasi organisme yang ada dalam suatu wilayah tertentu
– Interaksi antara keanekaragaman hayati dengan lingkungannya (interaksi antara komponen abiotik dan biotik) membentuk keanekaragaman ekosistem. Misalnya : pada ekosistem gurun dan danau, terdapat perbedaan komposisi jenis populasi yang ada serta faktor lingkungan yang berbeda.

Contoh Gambar Keanekaragaman ekosistem (danau dan sungai)

VII. Media Pembelajaran
1. Alat:
 Penggaris
2. Bahan:
 Daun mangga/ daun tumbuhan lain.
 Biji kacang tanah, biji kacang kapri, biji kacang panjang, dan biji kacang kedelai
3. Sumber:
Sudjadi, B dan Laila, S. 2004. Biologi Sains Dalam Kehidupan. Jakarta: Yudhistira
Sudjadi, Bagod, dkk. 2004. Biologi Sain dalam Kehidupan Kelas 1 SMA semester II. Yudhistira : Surabaya.
Sudjiono, dkk. 2005. Biologi SMA Kelas X jilid Ib. Sunda Kelapa: Jakarta
Syamsuri, Istamar, dkk. 2004. Biologi Untuk SMA Kelas X. Erlangga: Jakarta

D. Tehnik Penilaian
a. Tugas LKPD
b. Penilaian keaktifan siswa dalam diskusi

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) I
KD 3.1
KEANEKARAGAMAN TINGKAT GEN DAN JENIS

A. Tujuan
1. Merumuskan pengertian keanekaragaman hayati melalui kegiatan pengamatan di lingkungan sekitar.
2. Mendeskripsikan ciri keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

B. Alat dan bahan
Alat : Penggaris
Bahan :
• Daun mangga/ daun tumbuhan lain.
• Biji kacang tanah, biji kacang kapri, biji kacang panjang, dan biji kacang kedelai

C. Cara Kerja
1. Tingkat Keanekaragaman Gen
• Ambillah daun mangga yang berasal dari daun mangga sebanyak 40 helai. Anbillah 5 helai yang tampak paling panjang kemudian ukurlah masing-masing daun tersebut. Catatlah ukuran daun yang paling panjang!.
• Ambillah 5 helai daun yang paling rendah dan ukurlah masing-masing daun itu. Catatlah dan ukurlah daun yang paling rendah!
• Kelompokkan 40 helai daun tersebut dengan menggunakan interval tertentu antara kelompok yang satu dengan kelompok yang berikutnya!
• Ukurlah sesama daun tersebut, hasilnya catat dan isikan pada tabel distribusi berikut!
Tabel Pengamatan
No Kelompok Ukuran daun Interval Frekuensi
1.
2.
3. Panjang
Sedang
Pendek

Pertanyaan
1. Apakah semua daun berukuran sama?
2. Apakah semua daun dalam tiap kelompok berukuran sama?
3. Kelompok manakah yang jumlah daunnya paling banyak?
4. Persamaan apakah yang dapat kamu temukan pada daun mangga tersebut?
5. Apakah kesimpulan dari hasil pengamatan dan pengukuran daun mangga tersebut?

2. Tingkat Keanekaragaman Jenis
• Sediakan berbagai macam biji kacang!
• Amati berbagai macam buah kacang tadi dan catatlah ciri-cirinya pada tabel!

Tabel Pengamatan
No Jenis Kacang Ciri-ciri
1.
2.
3.
4.

Pertanyaan
1. Sebutkan adanya persamaan pada berbagai macam buah kacang tersebut!
2. Sebutkan adanya perbedaan pada berbagai macam buah kacang tersebut!
3. Pada tingkat apakah adanya keanekaragaman pada berbagai jenis kacang tersebut?

Bahan Diskusi
1. Apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati?
2. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan keanekaragaman hayati?
3. Sebutkan dan jelaskan tingkatan keanekaragaman hayati?

Format Penilaian LKPD:
Penilaian Jawaban LKPD
Skor Keterangan
0 Jawaban salah/tidak menjawab pertanyaan
1 Jawaban agak benar tetapi tidak lengkap, tidak menunjukkan pemahaman konsep, tidak ada kemampuan analisis, gramatika bahasa tidak baik dan kalimat tidak runtut.
2 Jawaban benar tetapi kurang lengkap, tidak jelas, kurang menunjukkan pada pemahaman konsep, kemampuan analisis hanya recall, gramatika bahasa kurang baik dan kalimat kurang runtut.
3 Jawaban benar, lengkap, tetapi kurang jelas, kurang menunjukkan pada pemahaman konsep (kurang mengena pada jawaban yang diinginkan), kemampuan analisis rendah, pola pikir kurang runtut, gramatika bahasa kurang baik, dan kalimat kurang runtut.
4 Jawaban benar, lengkap, jelas, menunjukkan pada pemahaman konsep, kemampuan analisis tinggi, menunjukkan pola pikir yang runtut, gramatika bahasa baik dan benar, susunan kalimat tepat dan sistematis.

Kisi-kisi Jawaban Diskusi LKPD I KD 3.1
• Keanekaraman Hayati adalah kekayaan hidup di bumi, mencakup jutaan hewan, tumbuhan, mikroorganisme, materi genetik yang dikandungnya, dan ekosistem yang dibangunnya menjadi suatu lingkungan hidup (skor 10)
• Keanekaragaman disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor genetik (keturunan) dan faktor lingkungan. (skor 10)
• Tingkat keanekaragaman hayati dibedakan menjadi tiga, yaitu : keanekaragaman hayati tingkat gen, keanekaragaman hayati tingkat jenis, dan keanekaragaman hayati tingkat ekosistem.
1. Keanekaragaman hayati tingkat gen. (skor 10)
Gen adalah pembawa sifat makhluk hidup. Variasi genetic merupakan komposisi genetik antara individu dalam jenis yang sama.
Keanekaragaman gen dalam satu jenis dapat memunculkan varietas.
Keanekaragaman genetik memungkinkan individu atau jenis makhluk hidup yang beranekaragam tersebut dapat beradaptasi terhadap kondisi yang berbeda dan terhadap perubahan lingkungan. Contoh : durian local dan durian Bangkok.
2. Keanekaragaman hayati tingkat jenis (skor 10)
Keanekaragaman jenis (spesies) adalah berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang ada dan mudah dikenali karena perbedaan penampakkannya. Keanekaragaman jenis menunjukkan adanya jumlah dan variasi jenis organisme yang ada.
Keanekaragaman spesies mencakup jenis-jenis tumbuhan, hewan, serta mikroorganisme yang ada di suatu wilayah. Contoh: burung, kucing, kuda, macan, anjing, dan sebagainya.
3. Keanekaragaman hayati tingkat ekosistem (skor 10)
Keanekaragaman ekosistem menggambarkan jenis-jenis populasi organisme yang ada dalam suatu wilayah tertentu
Interaksi antara keanekaragaman hayati dengan lingkungannya (interaksi antara komponen abiotik dan biotik) membentuk keanekaragaman ekosistem. Misalnya : pada ekosistem gurun dan danau, terdapat perbedaan komposisi jenis populasi yang ada serta faktor lingkungan yang berbeda.

Skor kelompok= Skor yang diperoleh
Skor total (50)

Format Penilaian Diskusi:

LEMBAR PENILAIAN KEAKTIFAN SISWA DALAM DISKUSI

No Nama Siswa Bobot Pertanyaan
C1 C2 C3 C4 C5 C6

No Nama Siswa Bobot Jawaban
C1 C2 C3 C4 C5 C6
S

Keterangan :
Kolom tingkat kognitif diisi dengan tanda cek (√) sesuai dengan tingkat pertanyaan dan jawaban siswa
C1 = Tingkat pertanyaan dan jawaban ingatan
C2 = Tingkat pertanyaan dan jawaban pemahaman
C3 = Tingkat pertanyaan dan jawaban aplikasi
C4 = Tingkat pertanyaan dan jawaban analisis
C5 = Tingkat pertanyaan dan jawaban sintesis
C6 = Tingkat pertanyaan dan jawaban evaluasi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: