Garistepi's Blog-Let's STUdy BIOLOGY



Contoh REncana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata pelajaran : Biologi
Satuan Pendidikan : MAN MALANG I
Kelas / Semester : X/II
Standar Kompetensi:
4. Menganalisis hubungan antara ekosistem, perubahan materi dan energi
serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.

Kompetensi Dasar:
4.4. Membuat produk daur ulang limbah

Indikator :
1. Menentukan jenis produk daur ulang yang akan dibuat
2. Membuat produk daur ulang
3. Mengkomunikasikan produk daur ulang yang telah dibuat

Alokasi waktu : 6 JP

A. Tujuan:
Tujuannya adalah siswa diharapkan dapat:
1. Menentukan jenis produk daur ulang yang akan dibuat
2. Membuat produk daur ulang
3. Mengkomunikasikan produk daur ulang yang telah dibuat

B. Materi pokok:
· Limbah organik dan anorganik
· Daur ulang limbah
Daur ulang limbah pada dasarnya adalah pemanfaatan barang/benda yang
telah menjadi sisa atau barang yang sudah dianggap tidak diperlukan lagi
menjadi barang baru yang mempunyai nilai guna yang lebih tinggi, baik
dengan mengubah bentuknya maupun tanpa merubah bentuknya.
(terlampir)

C. Metode pembelajaran:

  • – Diskusi – tanya jawab
  • – Presentasi

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2×40 menit)
I. Kegiatan Awal

– Guru mengucapkan salam pembuka
– Guru mengawali pelajaran dengan mengajukan pertanyaan terkait

dengan materi pada pertemuan sebelumnya:
a. Masih ingatkan kalian, apakah daur ulang itu?
b. Bahan-bahan apa saja yang bisa didaur ulang?
c. Sebutkan contoh-contoh produk daur ulang itu apa saja!

II. Kegiatan Inti

  • – Guru meminta siswa untuk mempresentasikan produk daur ulang limbah yang telah dibuat dan menjelaskan alokasi waktu presentasi masing-masing kelompok adalah 20 menit.
  • – Guru meminta kelompok yang membuat daur ulang limbah dari bahan organik untuk presentasi.
  • – Guru meminta siswa lain untuk memperhatikan presentasi kelompok penyaji, memberikan pertanyaan terkait dengan presentasi.
  • – Guru meminta untuk mendiskusikan secara klasikal tentang masalah/pertanyaan yang muncul
  • – Guru memberikan tambahan atau pembenaran konsep.

III. Kegiatan Penutup
– Membuat kesimpulan terkait dengan topik yang dipelajari
– Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang
materi yang kurang jelas

Pertemuan 2 (1×40 menit)
I. Kegiatan Awal
– Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa

II. Kegiatan inti
– Guru meminta kelompok yang membuat daur ulang limbah dari
bahan organik untuk presentasi.
– Guru meminta siswa lain untuk memperhatikan presentasi
kelompok penyaji, memberikan pertanyaan terkait dengan
presentasi.
– Guru meminta untuk mendiskusikan secara klasikal tentang
masalah/pertanyaan yang muncul
– Guru memberikan tambahan atau pembenaran konsep.

III. Kegiatan penutup
– Membuat kesimpulan terkait dengan topik yang dipelajari
– Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang
materi yang kurang jelas

Pertemuan 3 (2 x 40menit)
I. Kegiatan Awal
– Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa

II. Kegiatan Inti
– Guru meminta kelompok yang membuat daur ulang limbah dari
bahan anorganik untuk presentasi
– Guru meminta siswa lain untuk memperhatikan presentasi
kelompok penyaji, memberikan tanggapan dan mengajukan
pertanyaan terkait dengan presentasi.
– Guru meminta siswa untuk mendiskusikan secara klasikal
tentang masalah/pertanyaan yang muncul
– Guru memberikan tambahan atau pembenaran konsep

III. Kegiatan penutup
– Membuat kesimpulan terkait dengan topik yang dipelajari
– Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang
materi yang kurang jelas
– Guru memberikan apresiasi/penghargaan kepada kelompok
yang paling baik hasil kerjanya
Pertemuan 4 (1×40 menit)

I. Kegiatan Awal
– Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa

II. Kegiatan Inti
– Guru meminta kelompok yang membuat daur ulang limbah dari
bahan anorganik untuk presentasi
– Guru meminta siswa lain untuk memperhatikan presentasi
kelompok penyaji, memberikan tanggapan dan mengajukan
pertanyaan terkait dengan presentasi.
– Guru meminta siswa untuk mendiskusikan secara klasikal
tentang masalah/pertanyaan yang muncul
– Guru memberikan tambahan atau pembenaran konsep

III. Kegiatan penutup
– Membuat kesimpulan terkait dengan topik yang dipelajari
– Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang
materi yang kurang jelas
– Guru memberikan apresiasi/penghargaan kepada kelompok
yang paling baik hasil kerjanya

E. Alat/ Sumber Belajar
– Buku Biologi. Syamsuri,Istamar. Sains Biologi SMA XB. Jakarta: Erlangga
– Buku Biologi. Terbitan ESIS.
– Limbah organik dan limbah anorganik

F. Evalusi:

  • tes tulis
  • non tes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: